Kamis, 24 Oktober 2013

Rumpun Setia Hati

Setia Hati merupakan perguruan pencak silat yang didirikan oleh ki Ngabehi surodiwiryo (eyang Suro) yang dahulunya bernama Sedulur Tunggal Kecer.
banyaknya perguruan/organisasi yang melebelkan kata Setia Hati bisa di katakan sebagai Rumpun Setia Hati atau SH turunan.
berikut adalah Nama Rumpun Setia Hati :

1).Persaudaraan Setia Hati (Panti) : Setia Hati yang melestarikan ajaran ki ngabehi surodiwiryo 1903,
SH Panti merupakan Induk dari semua SH, SH Panti tidak berorganisasi tetapi masuk sebagai paguyuban, Panti (bertempat di kediaman ki ngabehi surodiwiryo), Panti (Panutan Inti) dari semua SH. tidak berlambang/Berlogo, Alamat di Jl gajah mada no 41, kelurahan winongo, kecamatan mangunharjo, Kota Madiun - Jawa Timur.
Tulisan di depan Tempat SH Panti

2).Persaudaraan Setia Hati (P.SH) : Setia Hati yang melestarikan ajaran ki ngabehi surodiwiryo dari murid yakni Ki Munandar Harjowiyoto, yang kemudian mendirikan SH yang berorganisasi dengan nama Setia Hati Organisasi (SHO) pada tgl 22 mei 1932 oleh Ki Munandar Harjowiyoto & 50 kadhang setia hati. Selanjutnya pada tahun 1972 Ki Munandar Hardjowijoto sebagai Ketua Umum dimana pada periode inilah SHO diganti namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati (SH), menghilangkan Kata Organisasi karena dimana SH sudah di anggap lama Berorganisasi & menjadikan SH pertama yang berorganisasi.
Lambang Persaudaraan Setia Hati

3).Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) : Setia Hati dari Murid Ki Ngabehi Surodiwiryo yakni Ki Hardjo utomo yang mendirikan Setia Hati Pencak  Sport Club (SH PSC) pada tahun 1922 dan berganti nama lagi menjadi Persaudaraan Seti Hati Terate (PSHT) Pada tahun 1942. pada tahun 1948, Soetomo Mangkoedjojo, Darsono dan sejumlah siswa Ki Hardjo Utomo, memprakarsai terselenggaranya konferensi pertama Setia Hati Terate. Hasilnya; sebuah langkah pembaharuan diluncurkan. Setia Hati Terate yang dalam awal perintisannya berstatus sebagai perguruan pencak silat di rubah menjadi “organisasi persaudaraan” dengan nama “Persaudaraan Setia Hati Terate”.
Lambang Persaudaraan Setia Hati Terate

4).Persatuan Seni Silat Setia Hati (ESHA) : Pendiri Kang Jasman tahun : 1939 di singaporeNama Seni silat ESHA ini adalah dari singkatan Nama Asalnya SETIA HATI (SH) di tanah jawa logat bahasa mereka menyebuthuruf  S = ES, H= HA. maka dengan hal demikian perguruan ini di namakan ESHA.
Pada saat kang Munaji (Beliau adalah anak turun YUDONEGORO pengawal PANGERAN DIPONEGORO yang tinggal di wonosobo jawa tengah Indonesia. adik kandung alm. Jend Kunkamdani generasi ke 2 murid Eyang Suro diwiryo murid dari Eyang Munandar) menjadi utusan khusus presiden SOEKARNO untuk berjuang didaratan malaya. pada akhirnya beliau bertemu dgn Kang JASMAN/ wak JASMAN, kang jasman seorang polisi pemerintah Malaysia, Kang Munaji sa'at itu seorang tahanan politik dan terjadilah pengangkatan saudara dg pengenalan pembentukan jurus gaduh Setia Hati ESHA/EZHAR, yang terdiri dari 7 jurus dan 13 senaman Jurus yg mengandung semua permainan pencak silat Setia Hati.
 
Lambang ESHA


5).Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo (PSHTMW) : pendiri R.D.H Suwarno pada tahun 1966 di Madiun. pada tanggal 15 Oktober 1965 Bapak Suwarno merasa terpanggil untuk bergerak (mengaktifierkan) kegiatan-kegiatan SH dengan membentuk Organisasi SH baru sebagai wadah para anggota muda karena sejak tahun 1964, SH mengalami kemunduran tidak begitu aktif, hal ini disebabkan tidak lain karena keadaan juga, sebagian besar saudara-saudara SH sudah banyak yang lanjut Usia (Tua), ditambah dengan makin berkurangnya penerimaan saudara baru. banyak saudara SH yang sudah sepuh satu per satu meninggal dunia, sedangkan yang masuk menjadi saudara SH, dapat dikatakan hampir tidak ada. kalau keadaan yang demikian di biarkan terusmenerus maka SH lambat laun akan mengalami kepunahan.

Lambang Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo



6).Setia Hati Rembulan (Remaja Bulungan)


7).Persaudaraan Setia Hati Organisasi (PSHO) : Didirikan pada tahun 2005/2006.
8).Beberapa Setia Hati Lainnya:






4 komentar:

  1. Assalamualaikum.... Mas mau nanya, untuk cabang SH di daerah jakarta seltan, ad tidak ya?? dan di alamatmna?? Terimkasih.

    BalasHapus
  2. Sh patihan kok sama dengan pshw tm hampir mirip lambngnya mas

    BalasHapus
  3. mau tanya min
    partisan Siliwangi apakah termasuk dirumpun setia hati yaa🙏

    BalasHapus
  4. salam setia hati esha malaysia

    BalasHapus